Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tolando Jaya
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4368Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Audio-VisualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS tema 6 di kelas V SD Negeri 1 Tolando Jaya Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan Teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data dilakukan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Analisis data hasil observasi dilakukan dengan cara menghitung jumlah skor hasil observasi, selanjutnya dihitung presentasinya kemudian dikonversi kedalam kualifikasi. Siswa dikatakan tuntas secara klasikal minimal 80% yang nilainya ≥ 65 dari skor ideal berdasarkan nilai KKM materi (ketentuan dari SD Negeri 1 Tolando Jaya Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan). Pembelajaran siswa terlaksana dengan baik jika 80% sesuai dengan RPP. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 51,85% (Baik) namun secara klasikal belum tuntas, dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 92,59% (Baik sekali) sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu (66). maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS tema 6 panas dan perpindahannya mengalami peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Tolando Jaya Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan ditunjukan dengan tindakan awal dari tes pra siklus sampai dengan siklus I dan siklus II.