Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Mata Kabupaten Buton Utara
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4359Keywords:
Peran Orang Tua, Meningkatkan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Mata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Mata Kabupaten Buton Utara adalah Adapun Peranan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu orang tua yang selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena dia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Sebagai hasil dari bantuan orang tua dalam mendorong orang muda untuk belajar selama proses pengajaran, orang tua berfungsi sebagai perwakilan dari catatan pendidikan untuk kelompok anak, yang akhirnya akan menjadi catatan privasi anak pada hari berikutnya. Jadi hasil belajar atau hasil belajar yang dilaporkan oleh siswa dengan pola pikir didek lebih baik. Peran orang tua tersebut dapat diharapkan secara efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada siswa di SD Negeri 1 Mata Kabupaten Buton Utara.