Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Picture And Picture di Kelas V SD Negeri 1 Molona
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4358Keywords:
Hasil Belajar, Model Picture and PictureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 1 Molona. Jenis Penilitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan prosedur pelaksanaan tindakan, dimana penilitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama dilakukan sebanyak satu kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture dan siklus kedua dilakukan tindakan sebanyak satu kali pertemuan dengan model pembelajaran yang sama. Berdasarkan hasil penilitian yang berlangsung selama dua siklus dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Picture and Picture di kelas V SD Negeri 1 Molona dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Dimana terlihat pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 70% dengan presentase ketuntasaan 43,75% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,25% dengan presentase ketuntasaan klasikal sebesar 81,25%. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model picture and picture tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Molona.