Penerapan Metode Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala

Authors

  • Feby Febriyani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Riniati Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4357

Keywords:

Metode Integratif, Pemahaman Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Metode Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui tindakan siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus, siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM pada mata pelajaran bahasa indonesia adalah 80. Presentase hasil belajar siswa pada prasiklus 60% dengan siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dan siswa yang tidak tuntas 14 siswa. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I 65% dengan siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dan yang tidak tuntas 12 siswa. Presentase hasil belajar pada siklus II 80% dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode integratif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles