Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 5 Menggunakan Model Kooperatif Tipe (STAD) Kelas III SD Negeri 1 Bungi

Authors

  • Wulan Hasrianti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Azaz Akbar Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4329

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Tipe STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bungi, Dengan Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tahun ajaran 2022/2023. Jenis prosedur penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 1 Bungi semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing terdapat dua kali pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Sebelum melakukan tindakan terdapat 11 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar (56,7%) dan 19 siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar (63,33%). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar 21 siswa (70%) dan belum mencapai ketuntasan hasil belajar 9 siswa (30%). Setelah dilakukan tindakan siklus II siswa yang tuntas belajar 27 siswa (90%) dan belum mencapai ketuntasan hasil belajar 3 siswa (10%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles