Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Desa Bahari
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.4321Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran (STAD) Media GambarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Desa Bahari Kabupaten Buton Selatan dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bahari yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan lember observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukan keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65 dan presentase aktivitas guru dan siswa yang diperoleh mencapai 80% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media gambar siswa kelas IV SD Negeri 1 Desa Bahari mengalami peningkatan terlihat dari observasi awal siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dari indikator keberhasilan 40%, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dari indikator keberhasilan 64% dan padda siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dengan indikator keberhasilan 92%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran (STAD) Media Gambar