Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Felianti felin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ratna Said Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi Sebagian siswa menganggap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca merupakan kegiatan pembelajaran yang cenderung membuat bosan, jenuh dan malas. Hal ini dilihat bahwa dengan jumlah siswa 10 orang masih belum ada yang tuntas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran picture an picture berbantuan media visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Timur yang terdiri dari 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pebgumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pengamatan dan tes. Teknik analisis yang digunakan bersifat data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus dengan tuntas 0(0%). Kemudian pada siklus I dengan yang tuntas ada 3(30%) orang siswa dan 7 orang siswa tidak tuntas(70%). Kemudian meningkat lagi ke siklus II dengan siswa yang tuntas ada 2 orang siswa atau 20% dan tidak tuntas ada 8 orang siswa atau 80(%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles