Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Inquiry
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3877Keywords:
Pembelajaran, Inquiri, Hasil, MeningkatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inquiry pada siswa kelas VI SD Negeri 2 kahianga kabupaten wakatobi”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inquiry pada siswa kelas kelas VI SD Negeri 2 Kahianga kabupaten wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri 2 siklus. Siklus pertama dilakuan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggunakan metode inquiry dan siklus kedua dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggunakan metode yang sama, berdasarkan hasil peneltian yang berlangsung selama dua siklus dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode inquiry di SD Negeri 2 Kahianga dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Terlihat hasil pada siklus nilai rata-rata yang di peroleh yaitu 68,88 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 44% dan siklus dua meningkat dengan nilai rata-rata 78,33 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembalajaran IPS kelas VI SD Negeri 2 Kahianga Kabupaten Wakatobi.
Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Inquiry