Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3857Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model CTL dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 109 Buton. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 109 ButonĀ berjumlah 16 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obervasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data obervasi dan analisis data tes. Berdasarkan Hal ini dapat dilihat dengan peningkatan yang terjadi pada prasiklus sampai akhir tindakan siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada prasiklus yaitu 43,75% dengan nilai rata-rata 59 dan ketuntasan belajar klasikal 43,75%. Sedangkan nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 68,75% dengan nilai rata-rata 67,43 dan ketuntasan belajar klasikal 68,75% dengan nilai rata-rata 67,43 dan ketuntasan belajar klasikal 68,75%. Kemudian untuk siklus II nilai ketuntasan siswa yang diperoleh yaitu 93,75% dengan nilai rata-rata 79,31 dan ketuntasan belajar klasikal 93,75%.