Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 3 melalui Media Poster Kelas IV di SD Negeri 4 Sangiawambulu
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3845Keywords:
Hasil, Meningkatkan, Media, Poster, SiswaAbstract
Intan Nur Fauziah. NPM. 031801044. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 3 Melalui Media Poster Di Kelas IV SD Negeri 4 SangiaWambulu Kabupaten Buton Tengah. Program Studi Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 SangiaWambulu sebanyak 21 (10 laki-laki) dan (11 perempuan). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan prosedur pelaksanaan tindakan, menggunakan dua siklus. Siklus I dan Siklus II (dua kali pertemuan) menggunakan media poster. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media poster di Kelas IV SD Negeri 4 Sangia dapat meningkatkan hasil belajar IPS, dimana terlihat pada siklus I nilai rata-rata yaitu 62,5 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata siswa 86,42 disimpulkan menggunakan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 4 Sangia.