Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Predict Observed Explain (POE) Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3843Keywords:
Hasil Belajar, Predict Observed Explain (POE)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model Predict Observed Explain (POE) pada pelajaran ipa siswa klas iv sdn 2 baadia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Predict Observed Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 35,71%, setelah menggunakan model Predict Observed Explain (POE) ketuntasan siklus i mencapai 60,71%, dan pada siklus ii mencapai 85,71%. Hasil belajar siswa telah tuntas secara klasikal minimal 85% yang nilainya ≥ 70 berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, siwa kelas iv sdn 2 baadia indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai dengan dua siklus pembelajaran.
Keywords: Learning Outcomes; Predict Observed Explain (POE)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model Predict Observed Explain (POE) pada pelajaran IPA siswa klas IV SDN 2 Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Predict Observed Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 35,71%, setelah menggunakan model Predict Observed Explain (POE) ketuntasan siklus I mencapai 60,71%, dan pada siklus II mencapai 85,71%. Hasil belajar siswa telah tuntas secara klasikal minimal 85% yang nilainya ≥ 70 berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Kata kunci: Hasil Belajar; Predict Observed Explain (POE)