Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3842Keywords:
Hasil Belajar, Role Reversal QuestionAbstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa menggunakan Model Active Learning Tipe Role Roversal Question. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refreksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas V di SD Negeri 1 Busoa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dan observasi guru dan siswa. Hasil pratindakan siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa (35%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 siswa (65%) dengan nilai rata-rata 60,86. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (52%) dan yang belum tuntas sebanyak 11 siswa (48%) dengan nilai rata-rata 67,39. Hasil belajar siswa pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (83%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (17%) dengan nilai rata-rata 74,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning Tipe Role Revesal Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa.