Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Mode LAD Berbantuan Geoboard SD Negeri 6 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3839Keywords:
Matematika, Belajar, Listenanddraw, Geoboard, BaubauAbstract
Andila Asman, 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Model Listen And Draw Berbantuan Geoboard SDN 6 Baubau”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar melalui model pembelajaran Listen And Draw berbantuan Geoboard SDN 6 Baubau semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, observasi guru dan observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 7 siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 47,23. Siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 13 siswa (61,90%) dengan nilai rata-rata 61,80. Siswa yang mencapai KKM pada siklus II yaitu 18 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 69,52. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Listen And Draw berbantuan Geoboard dapat meningkatkan hasil belajar SDN 6 Baubau.