Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3838Keywords:
Kesulitan, Menulis, SiswaAbstract
Penelitian ini tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis Penyebabkan kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi, Dengan Subjek Penelitian Berjumlah 15 orang siswa. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Analisis data kualitatif dan analisis data Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan Kesulitan menulis yang dialami siswa juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, adapun faktor-faktor penyebab kesulitan dan menulis siswa terbagi atas dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal ialah faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti fisiologis, psikologis. Dan faktor eksternal ialah faktor yang berasal dari luar, seperti dari lingkungan sosial, yakni dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, bahkan lingkungan masayarakat.