Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi

Authors

  • La Igo Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maryam Nurlaila Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3838

Keywords:

Kesulitan, Menulis, Siswa

Abstract

Penelitian ini tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis Penyebabkan kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi, Dengan Subjek Penelitian Berjumlah 15 orang siswa. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Analisis data kualitatif dan analisis data Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan Kesulitan menulis yang dialami siswa juga dapat disebabkan  oleh beberapa faktor penyebabnya, adapun faktor-faktor penyebab kesulitan dan menulis siswa terbagi atas dua faktor yakni faktor  internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal ialah faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti fisiologis, psikologis. Dan faktor eksternal ialah faktor yang berasal dari luar, seperti dari lingkungan  sosial, yakni dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, bahkan lingkungan masayarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles