Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Kegiatan Microteaching di SD Negeri 42 Buton
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3837Keywords:
Peningkatan, Kualitas, Pembelajaran, GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas pembelajaran guru melalui kegiatan microteaching di Sekolah Dasar Negeri 42 Buton. Desain penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang Guru di SD Negeri 42 Buton. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan Lembar Observasi dan Tes Praktek Wawancara Guru. Teknik Analisis data menggunakan Analisis data kualitatif dan analisis data Kuantitatif. Pelaksanaan tindakan didasari pada hasil pra siklus yang menunjukkan bahwa guru belum memiliki kualitas mengajar yang terstadarisasi dalam beberapa keterampilan mengajar. Setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan microteaching, guru menjadi paham dan konsisten dalam kegiatan pembelajaran yang tampak pada kegiatan micro. Dari 6 orang guru sebagai subjek yang dikenai sasaran penelitian maka, Pada siklus I peserta micro mulai ada peningkatan yang baik. Selanjutnya pada siklus II, peningkatan semakin terlihat. Dari data yang telah diperoleh, persentase aktivitas guru 33,33% pada pra siklus menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.