Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen Berbantuan Media Diorama Kelas V SD Negeri 68 Buton

Authors

  • Suci Cahya Ningtias Universitas Muhammadiyah Buton
  • Tarno Tarno
  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3834

Keywords:

Hasil, Siswa, Metode, Eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen berbatuan media diorama pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 68 Buton. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan penelitian: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 13 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 38,47%, setelah menggunakan metode eksperimen berbantuanĀ  media diorama ketuntasan siklus I mencapai 76,92% dan siklus IIĀ  mencapai 92,30%. Hasil obervasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 85% dan siklus II mencapai 100%. Hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 92,30% dan siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen berbantuan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 68 Buton Kabupaten Buton.

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles