Model Discovery Learning Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3832Keywords:
Discovery Learning, Media Roda Putar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model discovery learning berbantuan media roda putar kelas IV SD Negeri 92 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui tindakan siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiann ini adalah kelas IV SD Negeri 92 Buton yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Persentase hasil belajar siswa pada prasiklus 41,67% dengan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dan siswa yang tidak tuntas 7. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I 66,67% dengan siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dan yang tidak tuntas 4 siswa. Persentase hasil belajar pada siklus II 83,33% dengan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dan yang tidak tuntas 2 siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 92 Buton.