Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 1 Baadia

Authors

  • Jihan Natasyah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irwan Irwan Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3814

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia mengunakan model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Baadia. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang berbentuk kuantatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini adalah soal tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Pada kegiatan tes awal nilai rata-rata siswa yang diperoleh 48,43 dengan presentase belajar yang tuntas yaitu 18,75%. Pada siklu s I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70 dengan presentase belajar yang tuntas yaitu 56,25% sedangkan siklus II mengalami peningkatan lebih baik dengan nilai rata-rata 81,56 dengan presentase belajar yang tuntas adalah 96,75% Dengan demikian pengunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles