Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran bagi Siswa SD Negeri 71 Buton

Authors

  • fina .R Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurmin Aminu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3805

Keywords:

Guru, Fasilitator, Pembelajaran

Abstract

Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bagi siswa SD Negeri 71 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bagi siswa SD Negeri 71 Buton. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis memilih penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran guru sebagai fasilitator, selain mendidik siswa dikelas guru juga dapat dikatakan sebagai model bagi peserta didik; (2) faktor penghambat dan pendukung guru dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator: faktor yang menghambat guru dalam pembelajaran diantaranya adalah sarana dan prasarana yang belum lengkap, sedangkan faktor pendukung guru dalam pembelajaran ialah hubungan guru dengan siswa baik dan akrab. Jadi peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sangat penting karena akan tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan peserta didik sehingga proses belajar mengajar berjalan secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles