Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran bagi Siswa SD Negeri 71 Buton
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3805Keywords:
Guru, Fasilitator, PembelajaranAbstract
Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bagi siswa SD Negeri 71 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bagi siswa SD Negeri 71 Buton. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis memilih penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran guru sebagai fasilitator, selain mendidik siswa dikelas guru juga dapat dikatakan sebagai model bagi peserta didik; (2) faktor penghambat dan pendukung guru dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator: faktor yang menghambat guru dalam pembelajaran diantaranya adalah sarana dan prasarana yang belum lengkap, sedangkan faktor pendukung guru dalam pembelajaran ialah hubungan guru dengan siswa baik dan akrab. Jadi peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sangat penting karena akan tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan peserta didik sehingga proses belajar mengajar berjalan secara efektif.