Penerapan Strategi Learning Starts with Aquestion (LSQ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Authors

  • Waode Rayan Sari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suarti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Learning Starts With AQuestion (LSQ) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri 4 Baubau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV Di SD Negeri 4 Baubau yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start with a Quetion (LSQ), skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 28%. Sedangkan di siklus II mengalami peningkatan menjadi 36,87%. Pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran LSQ, pada siklus I mencapai skor 26% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 37,33%. Peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran LSQ di kelas IV dapat dilihat pada siklus I yaitu 9 siswa tuntas (34,61%), sedangkan 17 siswa belum tuntas (65,38%) dengan nilai rata-rata 56.53%  dapat kategori kurang baik. Sedangkan peningkatan pada siklus II yaitu 22 siswa tuntas (84.49%), sedangkan 4 (18, 63%) orang yang tidak tuntas, memperoleh nilai rata-rata 80.79% dapat kategori baik. Sehingga pemberian model pembelajaran Learning Start with a Quetion (LSQ) efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles