Penerapan Strategi Learning Starts with Aquestion (LSQ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Learning Starts With AQuestion (LSQ) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri 4 Baubau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV Di SD Negeri 4 Baubau yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start with a Quetion (LSQ), skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 28%. Sedangkan di siklus II mengalami peningkatan menjadi 36,87%. Pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran LSQ, pada siklus I mencapai skor 26% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 37,33%. Peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran LSQ di kelas IV dapat dilihat pada siklus I yaitu 9 siswa tuntas (34,61%), sedangkan 17 siswa belum tuntas (65,38%) dengan nilai rata-rata 56.53% dapat kategori kurang baik. Sedangkan peningkatan pada siklus II yaitu 22 siswa tuntas (84.49%), sedangkan 4 (18, 63%) orang yang tidak tuntas, memperoleh nilai rata-rata 80.79% dapat kategori baik. Sehingga pemberian model pembelajaran Learning Start with a Quetion (LSQ) efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.