Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Speed Reading Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 1 Majapahit
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3772Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Speed ReadingAbstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode speed reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 1 Majapahit. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahap berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Majapahit sebanyak 23 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil tes prasiklus ada 8 siswa yang tuntas dan 15 siswa tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal yaitu 34% dan nilai rata-rata 59,56, pada siklus I yaitu dari 23 siswa hanya 13 siswa yang tuntas dan 10 siswa tidak tuntas dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 65% dan nilai rata-rata 68,47, pada siklus II dengan pencapaian ketuntasan klasikal 82% dengan nilai rata-rata 81,30 dimana dari 23 siswa ada 19 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas. Demikian nilai yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan metode speed reading memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena telah mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 70%.