Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Animasi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 2 Bungi

Authors

  • Muhammad Fazlin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3763

Keywords:

Membaca Permulaan, Media Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Dengan Menggunakan Media Animasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui tindakan siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 2 Bungi yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus, siklus I dan siklus II diperoleh data sebgai berikut : Standar KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 67. Persentase hasil belajar siswa pada prasiklus 38% dengan siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dan siswa yang tidak tuntas 13. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I 66% dengan siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dan yang tidak tuntas 7 siswa. Persentase hasil belajar pada siklus II 85% dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 2 Bungi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles