Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Menggunakan Media Kartu Huruf SD Negeri 33 Buton

Authors

  • Sitti Nurul Haq Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nur Dahniar Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3756

Keywords:

Bahasa Indonesia, Buton, Membaca, Kartu, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret- 7 April 2023.  Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana subjek penelitiannya adalah SDN 33 Buton Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton yang berjumlah 15 siswa dengan rincian 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Objek penelitian ini meningkatkan keterampilan membaca permulaan pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu huruf SDN 33 Buton. Kesimpulan dalam penelitian ini media kartu kuruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 64,6% dan siklus II 78,6%. Sedangkan aktivitas siswa yang dilakukan pada siklus I 60% dan siklus II meningkat menjadi 86,6%. Sejalan dengan peningkatan aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan media kartu huruf, hal serupapun terjadi pada hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa pada siklus I memperoleh rata-rata presentase 60% siswa yang tuntas, dan pada siklus II meningkat menjadi 80% siswa yang tuntas.

Kata kunci: BahasaIndonesia, Buton, Membaca, Kartu, Keterampilan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles