Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Baadia
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3748Keywords:
Metode Pembelajaran POE, Pembelajaran MatematikaAbstract
Permasalahan atau tujuan penelitian, pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Metode penelitian meliputi desain dan jenis penelitian yaitu desain Pretest-Posttest Control Group Design dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe Quasi Eksperimen. Populasi sebanyak 55 siswa dan sampel sebanyak 27 siswa yaitu untuk kelas eksperimen (IV A) dan 28 siswa untuk kelas kotrol (IV B). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan pada penelitian ini ada 2 yaitu obsevasi dan instrument tes. Teknik pengujian instrument penelitian menggunakan 2 uji yaitu uji validasi dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji paired samples test data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh T-hitung sebesar 2.107 dan T-tabel 2.055 sehingga T-hitung > T-tabel pada taraf signifikan 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen yaitu model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Baadia.