Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 1 Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3597Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe GIAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Topa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation). Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil pemebelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad terdapat 7 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 35% dan 13 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 65%. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siklus I siswa yang tuntas belajar menjadi 10 siswa dengan ketuntasan klasikal 50% dan 10 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Topa.