Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3552Keywords:
Hasil Belajar, Model Cooperative ScriptAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 69 Buton. Metode penelitian ini meliputi prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Buton berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil pembelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative script terdapat 9 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 36%. Setelah menerapkan model pembelajaran cooperative script pada siklus I siswa yang tuntas belajar menjadi 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 69 Buton.