Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Media Monopoli pada Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Buton
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3550Keywords:
Hasil Belajar PPKn, Media MonopoliAbstract
Meningkatkan Hasil belajar PPKn Menggunakan Media Monopolo pada Siswa Kelas IV SD Negeri 54Buton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Menggunakan Media Monopoli Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Buton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang di laksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus diterdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 54 Buton dengan jumlah siswa 16 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini di lakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pratindakan 31%, siklus I 63%, dan siklus II 94%. Karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini minimal 80% siswa telah tuntas, maka penelitian ini di hentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan Media Monopoli pada Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Buton.