Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Berbasis Portofolio di SD Negeri Tongano Barat Kabupaten Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3547Keywords:
Hasil Belajar, Berbasis PortofolioAbstract
Nesti, 031901025. Meningkatkan Hasil Belajar Pada IPS Siswa Kelas V Berbasis Portofolio Di SD Negeri Tongano Barat Kabupaten Wakatobi. Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri Tongano Barat. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tongano Barat Kabupaten Wakatobi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi sejarah kedatangan bangsa portugis, spanyol, dan belanda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 60 dengan nilai tuntas belajar siswa klasikal sebesar 45%. Setelah diterpakan pembelajaran berbasis portofolio pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosia (IPS) siswa memiliki nilai rata-rata 71,25 dengan nilai tuntas belajar siswa klasikal sebesar 60%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,5 dengan nilai tuntas belajar klasikal sebesar 80%. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio.