Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Model Scramble Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 1 Nggulanggula
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3514Keywords:
Keterampilan Membaca, Model Pembelajaran ScrambleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Scramble terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III di SD NegeriĀ Nggulanggula. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Scramble. Subjek Penelitian sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji tes keterampilan membaca siswa dengan perolehan nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan persentase ketuntasan klasikal keterampilan membaca siswa antara data prasiklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 42% dengan nilai rata 68, pada tindakan siklus I mulai mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal sebesar 61% dangan nilai rata-rata 80,2. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83% dengan nilai rata-rata 87,2. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model pembelajaran Scramble di kelas III SD Negeri 1 Nggulanggula dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Kata kunci: Keterampilan Membaca; Model Pembelajaran Scramble