Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif SD Negeri 1 Bugi
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3508Keywords:
Hasil Belajar, Model Discovery LearningAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Discovery Learning dalam 2 siklus yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugi berjumlah 20 siswa. Objek penelitian meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 sub tema 1 melalui model Discovery Learning berbantuan media pembelajaran interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes atau evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian siklus I, siklus II, diperoleh data: Standar KKM 75. Hasil belajar siswa siklus I terdapat 9 siswa (45%) mencapai nilai tuntas sedangkan 11 siswa (55%) mencapai nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 69,25%. Hasil belajar siswa siklus II terdapat 17 siswa (85%) mencapai nilai tuntas sedangkan 3 siswa (15%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 76,25%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model discovery learning berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugi Kota Baubau.