Penerarapan Model Pembelajaran DLPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i2.3494Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Model DLPSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Laompo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas V di SDN 2 Laompo, berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumen. Berdasarkan data observasi yang diperoleh pra siklus yang memperoleh ≥ 70 sebanyak 4 siswa atau sebesar 17,39% yang tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa atau sebesar 82,61%. Setelah melakukan penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan perolehan nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa yang tuntas atau 56,52% dan yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa atau 43,48%. Siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 20 siswa atau 86,96% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 13,04%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan.