Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Cart Sort Pembelajaran IPA Kelas IV MI Jabal Nurliabuku
Keywords:
Hasil, Belajar, Metode, Cart, Sort, IPAAbstract
Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Cart Sort pada pembelajaran IPA Tema 8 kelas IV MI Jabal Nur Liabuku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara prasiklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Jabal Nur Liabuku yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh sebagai berikut. Standar KKM mata pelajaran IPA yaitu 70. Hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I terdapat 9 siswa (52,94%) dan yang belum tuntasĀ 8 siswa (47,05%). Hasil belajar pada siklus II yang mencapai KKM 15 siswa (88,23%) dan yang belum mencapai KKM 2 siswa (11,76%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Cart Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Jabal Nur Liabuku.