Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Cart Sort Pembelajaran IPA Kelas IV MI Jabal Nurliabuku

Authors

  • Nurliana Liana Um Buton
  • Irsan Irsan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Imran Kudus Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil, Belajar, Metode, Cart, Sort, IPA

Abstract

Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Cart Sort pada pembelajaran IPA Tema 8 kelas IV MI Jabal Nur Liabuku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara prasiklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Jabal Nur Liabuku yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh sebagai berikut. Standar KKM mata pelajaran IPA yaitu 70. Hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I terdapat 9 siswa (52,94%) dan yang belum tuntasĀ  8 siswa (47,05%). Hasil belajar pada siklus II yang mencapai KKM 15 siswa (88,23%) dan yang belum mencapai KKM 2 siswa (11,76%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Cart Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Jabal Nur Liabuku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles