Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Teknik Writing In The Here and Now pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Wa Susiati Universitas Muhamdiyah Buton
  • Safiuddin Safiuddin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Menulis, Puisi, Teknik, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik writing in the here and now pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa yaitu 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisi data kuantatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi melalui teknik writng in the hre and now telah mengalami peningkatan dari prasiklus hingga akhir tindakan yaitu siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada prasiklus yaitu 36% dengan nilai rata-rata 60,8 dan ketuntasan secara klasikal 36% sedangkan nilai ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 60% dengan nilai rata-rata 71,4 dan ketuntasan klasikal 60% dan untuk siklus II nilai ketuntasan siswa yaitu 88% dengan nilai rata-rata 82,2 serta ketuntasan belajar klasikal yaitu 88%.

Kata kunci: Menulis, Puisi, Teknik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles