Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Student Fasilitator and Explaining pada Tema 7 Kelas IV SD Negeri 2 Baadia

Authors

  • Mag Vira Jamin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Ode Madiani Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil, Belajar, Model, Pembelajaran, SFAE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon, keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Ekonomi Di Indonesia di SD Negeri 2 Baadia. Teknik Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan pada Semester Ganjil Tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa. Rancangan penelitian menggunakan 4 komponen yaitu: perencaaan, tindakan, pengamatan dan observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data yaitu memastikan nilai kriteria ketuntasan minimal (kkm) sebesar 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus 1 dan Siklus II diketahui ada peningkatan hasil belajar pada materi Indahnya Keragaman Ekonomi Di Indonesia. Pada Siklus 1 terdapat 19 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM atau 67% tuntas dan 9 Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM atau 32% belum Tuntas. Dan pada Siklus II terdapat 25 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 89% Tuntas dan 3 siswa memperoleh nilai di bawah KKM atau 10% belum tuntas. Hasil Penelitian dapat disimpulkan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran student Fasilitator And Explaining (SFAE).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles