Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Student Fasilitator and Explaining pada Tema 7 Kelas IV SD Negeri 2 Baadia
Keywords:
Hasil, Belajar, Model, Pembelajaran, SFAEAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon, keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Ekonomi Di Indonesia di SD Negeri 2 Baadia. Teknik Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan pada Semester Ganjil Tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa. Rancangan penelitian menggunakan 4 komponen yaitu: perencaaan, tindakan, pengamatan dan observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data yaitu memastikan nilai kriteria ketuntasan minimal (kkm) sebesar 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus 1 dan Siklus II diketahui ada peningkatan hasil belajar pada materi Indahnya Keragaman Ekonomi Di Indonesia. Pada Siklus 1 terdapat 19 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM atau 67% tuntas dan 9 Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM atau 32% belum Tuntas. Dan pada Siklus II terdapat 25 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 89% Tuntas dan 3 siswa memperoleh nilai di bawah KKM atau 10% belum tuntas. Hasil Penelitian dapat disimpulkan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran student Fasilitator And Explaining (SFAE).