Main Article Content

Abstract

Banyak dari lulusan siswa SMA yang tidak memiliki minat untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi persuasif yang dilakukan oleh guru dalam memberikan motivasi kepada siswa SMA kelas XII untuk melanjutkan studi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Buru Kecamatan Lolongguba dan MA Uswatun Hasanah Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi persuasif yang dilakukan oleh guru terdiri atas lima teknik, yaitu 1) teknik asosiasi yang dilakukan dengan memilih topik yang sedang hangat diperbincangkan dan mendiskusikannya dengan siswa, 2) teknik integrasi dilakukan dengan berupaya untuk mengakrabkan diri dengan siswa dengan menggunakan bahasa yang digunakan siswa dalam komunikasi sehari-hari, 3) teknik ganjaran dilakukan dengan menceritakan berbagai pengalaman orang sukses dan memberikan hadiah kepada siswa yang ingin melanjutkan studi, 4) teknik tataan dilakukan dengan menampilkan pantun motivasi dan menyelipkaan candaan pada sela-sela motivasi, 5) teknik red-herring digunakan dengan menjelaskan pengorbanan orang tua siswa sehingga para siswa harus menjadi anak yang suskes.

Keywords

Strategi Persuasif Teknik Minat

Article Details

How to Cite
Taufik, T., Handayani, N., Amir, N. F., Harziko, H., & Irmawati, A. (2021). Peningkatan Minat Siswa Di Kabupaten Buru Untuk Melanjutkan Studi: Strategi Persuasif. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 133–140. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.893

References

  1. Amir, N. F. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences ( UJSS), 1(2).
  2. Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata: Tourism Communication Pemasaran Dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
  3. Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Cetakan ke-23. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1).
  5. Hartati, S. (2005). Effects of Argument Quality, Need for Cognition and Issue Involvement to The Attitude Toward a Message Given Through Persuasive Communication. Jurnal Psikologi, 32(2), 92–100. https://doi.org/10.22146/JPSI.7073
  6. McBride, M. C., Thorson, A. R., & Bergen, K. M. (2020). An Examination of Individually Performed and (Co)Managed Facework: Unique Communication within the Work-Spouse Relationship. Communication Studies, 71(4), 489–510. https://doi.org/10.1080/10510974.2020.1749866
  7. Melita, M. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Internasional Juanda Surabaya Dalam Menyosialisasikan Terminal Baru (T2). Jurnal E-Komunikasi, 3(1).
  8. Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.
  9. Pawito, P. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=zN5iDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=zN5iDwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiKpbqUof3nAhW56nMBHYFJBSkQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=false
  10. Purnawan, E. (2002). Dynamic Persuasion; Persuasif Efektif dengan Bahasa Hipnosis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  11. Sehl, A. (2020). Public service media in a digital media environment: Performance from an audience perspective. Media and Communication, 8(3), 359–372. https://doi.org/10.17645/mac.v8i3.3141
  12. Setiawan, H. (2017). Bagaimana Wujud Kesantunan Berbahasa Guru? Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003
  13. Soemirat, S. & S. (2014). Komunikasi Persuasif. Banten: Universitas Terbuka.
  14. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  15. Taufik, N. F. A. (2020). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 75–84. Retrieved from http://lldikti12.ristekdikti.go.id/jurnal/index.php/kamboti/article/view/35
  16. Taufik, T. (2019). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528
  17. Vafeiadis, M., Han, J., & Shen, F. (2020). News Storytelling Through Images: Examining the Effects of Narratives and Visuals in News Coverage of Issues. International Journal of Communication (Vol. 14). Retrieved from http://ijoc.org.
  18. Wang, X., Joyce, N., & Namkoong, K. (2020). Investigating College Students’ Intentions to Seek Online Counseling Services. Communication Studies, 71(4), 550–567. https://doi.org/10.1080/10510974.2020.1750448
  19. Yasir. (2011). Perencanaan Komunikasi. Riau: PUSBANGDIK.
  20. Zain, N. L. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Nomosleca, 3(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2034

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>