Main Article Content

Abstract

Rendahnya empati siswa melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan empati siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik. Melalui metode Kuantitatif desain pre experimental one group pretes posttest dengan populasi menggunakan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau dengan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel penelitian 11 siswa. Teknik pengumpulan data melalui skala sikap empati kemudian hasil uji instrument tersebut dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan uji penelitian, ada peningkatan sikap empati siswa setelah diberikan treatmen melalui teknik modeling. Hasil Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor sikap empati siswa sebelum dan setelah pemberian treatment/perlakuan dengan nilai 542 atau sebesar 82,37%. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil analisis statistik uji wilcoxon yang masing-masing pretest posttest dengan nilai hitung sebesar 0.003, sehingga ditarik kesimpulan, teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan sikap empati pada siswa.

Keywords

Bimbingan Kelompok Empati Modeling Simbolik

Article Details

How to Cite
Ulfa, M., Husniah, W. O., & Sofyan, S. (2022). Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 902–912. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i4.2544