Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat rasa jenuh belajar daring dan mendiskripsikan efektifitas teknik relaksasi dalam mengurangi rasa jenuh belajar siswa saat mengikuti proses belajar melalui jaringan internet. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo. Analisis data yang digunakan, yaitu uji Wilcoxon. Hasil tes akhir yang dilaksanakan sesudah perlakuan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok, terjadi penurunan rasa jenuh belajar daring siswa. Dari hasil analisis uji Wilcoxon masing-masing pre-test dan post-test menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti rasa jenuh belajar daring siswa mengalami penurunan yang signifikan, sehingga disimpulkan teknik relaksasi efektif untuk mengurangi rasa jenuh belajar daring siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Rineka Cipta.
- Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Bk Unesa, 5(1), 1–10.
- KURNIA, D. (2020). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
- Mubarok, mukhamad ilham. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk the Use of Group Counselling Using Games Technique To Reduce Study. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 143–154.
- Mulinda, R., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 5(2).
- Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 7(5), 50–59.
- Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.
- Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
- Pradita Andhi Putri, D. (2021). Pengaruh Relaksasi Genggam Jari Terhadap Kejenuhan Saat Pembelajaran Online Dimasa Pademi Covid-19 Pada Siswa Di SMK 1 NAWANGAN (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
- Pramudita, B. (2017). Development of Self Empowerment Career Design (SECD) Booklet for 10th Grade Fashion Students in SMK Daruttaqwa Gresik. Universitas Negeri Surabaya Journal, 7.
- Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
- Sari, I. D. A. (2020). Mereduksi Stres Dalam Belajar Dengan Menggunakan Strategi Relaksasi. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 79-85
- Sekretariat GTK. (2021). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia
- Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
- Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
- Wicaksono, M. T., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Nuryono, W., Kelompok, T. D., & Belajar, K. (n.d.). Application Of Group Guidance With Technique Discussions To Reduce Boredom Learning Of 8 Th Grade Students In Smpn 16.
References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Rineka Cipta.
Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Bk Unesa, 5(1), 1–10.
KURNIA, D. (2020). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
Mubarok, mukhamad ilham. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk the Use of Group Counselling Using Games Technique To Reduce Study. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 143–154.
Mulinda, R., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 5(2).
Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 7(5), 50–59.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Pradita Andhi Putri, D. (2021). Pengaruh Relaksasi Genggam Jari Terhadap Kejenuhan Saat Pembelajaran Online Dimasa Pademi Covid-19 Pada Siswa Di SMK 1 NAWANGAN (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Pramudita, B. (2017). Development of Self Empowerment Career Design (SECD) Booklet for 10th Grade Fashion Students in SMK Daruttaqwa Gresik. Universitas Negeri Surabaya Journal, 7.
Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Sari, I. D. A. (2020). Mereduksi Stres Dalam Belajar Dengan Menggunakan Strategi Relaksasi. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 79-85
Sekretariat GTK. (2021). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia
Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Wicaksono, M. T., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Nuryono, W., Kelompok, T. D., & Belajar, K. (n.d.). Application Of Group Guidance With Technique Discussions To Reduce Boredom Learning Of 8 Th Grade Students In Smpn 16.