Efektifitas Model Pembelajaran Mind Maping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Pada Peserta Didik

Authors

  • Sunardi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rendi Dita Permana Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menganalisis keterangan mengenai apa yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan model praeksperimen dengan desain One Group Pretest-postest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment). Subjek penelitian ini yaitu kelas X A yang berjumlah 24 orang. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data yaitu tes awal (pretest), penerapan model pembelajaran, dan tes akhir (post test), tes menggunakan soal pilihan ganda terdiri dari 25 butir soal yang telah divalidasi, data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan jika penerapan model pembelajaran Mind Mapping mengalami peningkatan sesudah pemberian perlakuan (treatment). Hasil tes awal sebelum penerapan (pretest) dapat diketahui nilai rata-rata peserta didik yaitu 82,17 sedangkan nilai rata- rata tes akhir setelah penerapan media Mind mapping (posttest) yaitu 91,25.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Sunardi, & Permana, R. D. (2025). Efektifitas Model Pembelajaran Mind Maping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Pada Peserta Didik. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 80–87. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7229