Implementasi Kinerja Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Nur Aisyiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Guru Penggerak, mutu pendidikan, kepemimpinan pendidikan, inovasi pembelajaran

Abstract

Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas tenaga pendidik, termasuk peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan berpihak pada siswa. Sebagai upaya meningkatkan kualitas guru dan kepemimpinan pendidikan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan Program Guru Penggerak pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kinerja Guru Penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan mengkaji berbagai penelitian dan dokumen yang relevan terkait program tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa Guru Penggerak memiliki peran strategis dalam menggerakkan komunitas pendidikan, menjadi pengajar praktik dan inovator pembelajaran, membangun kepemimpinan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Selain itu, Guru Penggerak juga berperan sebagai agen perubahan dalam ekosistem sekolah. Meskipun program ini memberikan dampak positif, terdapat tantangan yang masih dihadapi, seperti kesenjangan sumber daya, kesiapan guru, dan resistensi terhadap perubahan. Dengan adanya penguatan kebijakan dan dukungan berkelanjutan, Program Guru Penggerak diharapkan dapat semakin berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Nur Aisyiyah, Amrozi Khamidi, & Karwanto. (2025). Implementasi Kinerja Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 56–63. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7208