Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 004 Rambah
Keywords:
Advance Organizer, hasil belajar, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 004 Rambah dalam mata pelajaran IPA. Dari 12 siswa, hanya 4 siswa (33%) yang mencapai ketuntasan belajar, sementara 8 siswa lainnya (67%) belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 004 Rambah sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I, pertemuan pertama, hanya 4 siswa (33%) yang tuntas, dan meningkat menjadi 7 siswa (58%) pada pertemuan kedua. Meskipun meningkat, hasil ini belum memenuhi kategori tuntas (≥80%). Oleh karena itu, dilakukan siklus II, di mana pada pertemuan pertama, ketuntasan mencapai 83% (10 siswa tuntas), dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 100% (12 siswa tuntas). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 004 Rambah.