Penerapan Model Pembelajaran React Berbantuan Media Miniatur 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 024 Rambah

Authors

  • Ayu Ardila Utami Universitas Rokania
  • Elvina Universitas Rokania

Keywords:

Hasil Belajar, REACT, Miniatur 3D, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran REACT berbantuan media miniatur 3D guna meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan tidak mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 024 Rambah Samo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 63,4 pada siklus pertama menjadi 84,2 pada siklus kedua. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yang cukup besar, dari 50% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran REACT yang dipadukan dengan media miniatur 3D tidak hanya mampu meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Utami, A. A., & Elvina. (2025). Penerapan Model Pembelajaran React Berbantuan Media Miniatur 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 024 Rambah. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 46–55. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7205