Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Realistic Mathematis Education (RME) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas V SD Negeri 104305 Pergulaan

Authors

  • Muhammad Hanafi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ahmad Landong Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Keywords:

LKPD Berbasis Etnomatematika, RME, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Validitas LKPD berbasis Etnomatematika menggunakan model RME. 2) Untuk mengetahui Keefektifan  LKPD yang ditinjau dari observasi keterlaksanaan pembelajaran yang terdiri dari 3 aspek, hasil yang diperoleh sebesar 3,60 (kategori “Terlaksana dengan Baik”) dikembangkan. 3) Untuk mengetahui Kepraktisan LKPD yang dikembangkan. dan 4) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil validasi penilaian ahli materi mendapatkan persentase 93,33% dari 9 pernyataan. Keefektifan LKPD dalam penelitian ditinjau dari kriteria yang ditetapkan yaitu Skor rata-rata keseluruhan nilai siswa sebelum menggunakan LKPD yaitu sebesar 61,57. Adapun skor rata-rata keseluruhan nilai siswa setelah menggunakan LKPD yaitu sebesar 85,25 dengan skor N-Gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dan untuk persentase ketuntasan kelasikal siswa memperoleh skor sebesar 85,00% dengan kategori sangat baik, Hasil penilaian rata- rata respon siswa bernilai positif dengan skor 91,38%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Hanafi, M., & Landong, A. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Realistic Mathematis Education (RME) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas V SD Negeri 104305 Pergulaan. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 88–100. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7197