Optimalisasi Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V melalui Model Discovery Learning Berbantu Media Educative Game di SD 5 Honggosoco

Authors

  • Gista Ayu Astriyani Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

Keywords:

discovery learning, educative game, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan rata-rata nilai pretest posttest dalam penggunaan model discovery learning berbantuan media educative game terhadap pemahaman konsep IPAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pra-experimental design tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD 5 Honggosoco Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 19 siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara dan soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media educative game dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan meningkatkan perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 40,7 sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 80,7. Selisih rata-rata antara nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 40. Perbedaan nilai dapat dilihat bahwa rata-rata nilai posttest dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa lebih besar daripada rata-rata pretest dengan memperoleh hasil yang signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.  Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata skor yang pada pemahaman konsep IPAS pada penggunaan model discvery learning berbantuan media educative game.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Astriyani, G. A., Fakhriyah, F., & Ermawati, D. (2025). Optimalisasi Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V melalui Model Discovery Learning Berbantu Media Educative Game di SD 5 Honggosoco. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 23–34. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7123