Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Seni Rupa Kelas II pada Materi Bentuk Dasar Geometris di Sekolah Dasar
Keywords:
Pembentukan Kreativitas, Seni Rupa, Bentuk Dasar GeometrisAbstract
Penelitian ini membahas pembentukan kreativitas siswa kelas II melalui pembelajaran seni rupa di SD Negeri 1 Dongos dengan fokus pada materi bentuk dasar geometris. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Seni Rupa Kelas II pada Materi Bentuk Dasar Geometris di SD Negeri 1 Dongos. Metode penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data melalui pengamatan terhadap interaksi antara siswa dan materi pembelajaran, serta interaksi siswa dengan guru dalam konteks pembelajaran seni rupa. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi berupa rekaman visual hasil karya seni siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. SD Negeri 1 Dongos memberikan dukungan lingkungan yang mendukung kreativitas siswa, termasuk menerapkan evaluasi yang mendukung pengembangan bakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah mengeksplorasi kreativitas melalui karya seni geometris, dengan faktor pendukung seperti lingkungan yang inklusif dan dukungan minat dan motivasi. Evaluasi yang diterapkan dengan bijak dan minimnya persaingan negatif memperkuat pembentukan kreativitas siswa di SD Negeri 1 Dongos.