Peningkatan Pembelajaran PPKN melalui Model Coopertive Learning Tipe Jiksaw Materi Skap Gotong Royong Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran PPKn melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III SD Negeri I Bahari. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah subyek pada penelitian ini berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn siswa kelas III SD Negeri 1 Bahari pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 67,05 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 8 siswa atau 38,09% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 61,91%. Sedangkan pada siklus I pembelajaran PPKn siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 67,14 presentase ketuntasan klasikal mencapai 12 siswa atau 57,14% dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 42,86%. Pada siklus II pembelajaran PPKn siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 77,14 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 19 siswa atau 90,48% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 9,52%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan pembelajaran PPkn siswa kelas III SD Negeri 1 Bahari.