Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compisition
Abstract
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 21 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 8 perempuan. Simpulan hasil penelitian adalah: 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compisition nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 61,43 dan ketuntasan belajar mencapai 52,38 % atau ada 11 siswa dari 21 siswa sudah tuntas belajar. Hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 hanya sebesar 52,38 % lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu 85 %. Berdasarkan siklus I hasil belajar siswa belum mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal, dan 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compisition nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,38 dan ketuntasan belajar mencapai 85,71 % atau ada 18 siswa dari 21 siswa sudah tuntas belajar. Hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebesar 85,71 % lebih besar dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85 %. Berdasarkan siklus II dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Compisition telah meningkat maka penelitian dihentikan.