Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi melalui media gambar seri siswa kelas IV SD Negeri Palatiga. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada orang tua siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Palatiga dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 21 laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen penelitian yang dapat digunakan daam penelitian inia adalah tes dan lembar observas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatatif. Analisis kuantitatif adalah hasil menulis cerita sebelum dan sesudah menggunakan media gambar seri. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dari tes kompetensi menulis cerita fiksi dan dideskripsikan secara kualitatif. Pada Siklus I diketahui 18 dari 31 siswa telah mencapai nilai KKM (65) dengan nilai rata-rata 62,25 yang kemudian meningkat pada siklus II diketahui 27 dari 31 siswa telah mencapai nilai KKM (65) dengan nilai rata-rata kelas 82,58. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, hipotesis yang dirumuskan ternyata terbukti kebenarannya bahwa keterampilan menulis cerita fiksi melllalui media gambar seri siswa kelas IV SD Negeri Palatiga tahun 2023 dapat ditingkatkan