Meningkatkan Hasil Belajar Mengenai Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Learning Start With A Question

Authors

  • Nurfiati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irsan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil, Belajar, Learning, Starts, With, A, Question

Abstract

Pembelajaran IPA dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Agar siswa memiliki hasil belajar memuaskan, dibutuhkan metode pembelajaran yang mendukung yaitu metode learning start with a question. siswa SD Negeri 1 Marawali memiliki nilai ulangan dibawah KKM sebanyak 30,43% terjadi karena aktivitas belajar siswa rendah dan siswa kurang memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa IPA pada materi sifat-sifat cahaya dengan metode pembelajaran learning start with a queston. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menujukan bahwa pada sikus I hasil belajar siswa diperoleh 65,21%, dimana 15 siswa tuntas dari 23 jumlah siswa. Untuk siklus II diperoleh sebanyak 86,96 % dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 20 orang dari 23 jumlah siswa. Hal ini berarti tindakan yang dilakukan pada siklus II ini dapat dikatakan berhasil. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,69% dan ketuntasan mencapai 86,96% atau ada 20 orang dari 23 orang siswa sudah tuntas belajar yang menunjukan bahwa metode learning start with a question dapat terlaksana dengan sangat baik, karena sudah mencapai di atas 80% sesuai dengan indicator keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles