Penerapan Model Problem Solving melalui Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita Pecahan Kelas V SD Negeri 113 Buton
Abstract
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penerapan Model Problem Solving Melalui Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Soal Cerita Pecahan Kelas V SD Negeri 113 Buton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Solving melalui Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 113 Buton atau tidak? jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri 113 Buton, Desa Galanti, Kecamatan Wolowa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah siswa kelas V SD Negeri 113 Buton yang berjumlah 14 siswa, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Dari hasil belajar, Pra-siklus nilai rata-rata 56,42 dan presentase yang tuntas hanya 5 siswa atau 36% dari jumlah siswa yang ada. siklus I rata-rata peserta didik meningkat menjadi 67,5 dengan persentase yang tuntas 9 siswa atau 64% dari jumlah siswa yang ada. Siklus II lebih meningkat dengan rata – rata 75,5 dengan persentasi yang tuntas pencapai 12 siswa atau 86% nilai tersebut sudah mencapai KKM ≥ 65 atau nilai rata – rata telah mencapai 80%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Solving Melalui Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Soal Cerita Pecahan Kelas V SD Negeri 113 Buton.