Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Eksperimen pada Siswa SDN 1 Baadia
Abstract
Ike Apriyanti, (031901100). “Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa SDN 1 Baadia Baubau”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen kelas V SDN 1 Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan penelitian : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 47,82% setelah menggunakan metode eksperimen ketuntasan siklus I mencapai 60,86% dan siklus II mencapai 95,65%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 93,75%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Baadia Kota Baubau Sulawesi Tenggara.